Thursday, May 19, 2011

OTOT TERKUAT YANG ADA DITUBUH MANUSIA

Sebetulnya, kekuatan otot merupakan hasil dari tiga faktor yang saling tumpang tindih. Faktor-faktor tersebut ialah, faktor fisiologis, neurologis, dan mekanis. Faktor fisiologis terdiri dari besar otot, luas penampang otot, dan respons terhadap latihan otot. Faktor neurologis yaitu seberapa kuat atau lemahnya sinyal dari otak untuk memerintahkan otot berkontraksi, sedangkan faktor mekanis yaitu aspek fisika yang ada pada otot seperti sudut pukulan terkuat (sudut sendi dan pergelangan tangan), ayunan tangan, dan momentum pukulan.





Oleh karena kekuatan otot merupakan hasil dari ketiga faktor-faktor tersebut, yang bekerja secara simultan dan mustahil individual, maka tidaklah etis untuk memilih salah satu otot terkuat saja. Ada beberapa otot yang karena alasan atau landasan tertentu, bisa disebut otot terkuat. Otot-otot tersebut adalah:

* Otot masseter atau otot rahang. Otot rahang merupakan otot yang sangat berfungsi untuk kekuatan mengunyah, bisa dibayangkan apabila seseorang mengalami kelemahan otot rahang ini, maka orang tersebut sulit atau bahkan tidak mampu mengunyah makanan. Namun, alasan mengapa otot rahang merupakan salah satu otot terkuat bukanlah hanya karena fungsinya untuk kekuatan mengunyah, melainkan juga karena otot rahang merupakan otot yang mampu mengerahkan gaya yang amat besar pada obejk-objek luar, misalnya dipakai untuk mengangkat beban atau menarik mobil. Pada tahun 1986, Guinness Record mencatat, Richard Hofmann dari Lake City, Florida, mampu menghasilkan kekuatan gigitan 975 pound (442 kilogram) selama dua detik.
* Otot quadriceps femoris (paha) dan gluteus maximus (bokong). Apabila kekuatan otot mengacu pada gaya yang dikeluarkan oleh otot itu sendiri, maka otot terkuat adalah otot yang mempunyai luas penampang terbesar, otot-otot tersebut adalah otot paha dan bokong.
* Miometrium (otot rahim).Otot rahim dikatakan terkuat karena beratnya (yakni sekitar 1,1 kg) supaya dapat memberikan dorongan yang cukup besar pada bayi saat ibu akan melahirkan.
* Otot-otot mata (sebagai contoh saccades). Otot mata merupakan otot terkuat bila didasarkan atas pekerjaan yang mereka lakukan. Otot mata mampu mengangkat bola mata yang jauh berukuran lebih besar. Bahkan otot mata mempunyai kekuatan 100 kali lebih kuat dari pada yang mereka perlukan. Sebagai contoh, saccades merupakan otot yang khusus digunakan ketika membaca, membutuhkan kecepatan tinggi, dan digunakan selama fase rapid eye movement ketika tidur.
* Otot lidah. Otot lidah merupakan otot yang terdiri dari 16 otot-otot penyusun lain. Berdasarkan kinerja kelompok-kelompok otot dan ukuran yang terbilang kecil, serta banyaknya pekerjaan, membuat otot lidah merupakan kandidat otot terkuat.
* Otot jantung. Memang, otot jantung hanya melepaskan kekuatan 1-5 watt untuk satu kali memompa darah, tidak seperti otot paha yang mampu melepaskan kekuatan 100 watt dalam satu kali kinerja (misalnya ketika melompat), tetapi perlu diketahui bahwa otot jantung bekerja sepanjang hayat, berbeda dengan otot paha yang bekerja ketika dipakai saja. Oleh karena itu, banyaknya kekuatan yang dilepaskan jantung selama hayat membuat jantung merupakan salah satu otot terkuat.


Sumber : www.id.wikipedia.org

1 comment:

  1. saya suka sekali dengan blog ini,sangat bermanfaat sekali.thanks man.

    ReplyDelete

saran dan kritik rekan-rekan sekalian merupakan motifasi bagi kami untuk lebih baik dalam penyediaan referensi, maka dari itu di harapkan tinggalkan komentar anda untuk blog ini, Trimakasih.
ADMIN